Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

HSN ke IX, Ratusan Santri di Tebo Ikuti Lomba Musabaqah Qiraatil Kutub

Admin
19 Okt 2023, 18:04 WIB
Salah satu peserta saat mengikuti lomba MQK, foto : Ist


TEBONETIZEN.COM, - Sebanyak 152 peserta mengikuti lomba Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) yang  diselenggarakan di  pondok pesantren nurul jadid Kecamatan Rimbo Bujang KabupatenTebo, Kamis (19/10/ 2023).


Semua peserta merupakan santri dari 18 Pondok Pesantren Se-Kabupaten Tebo.


Dalam lomba MQK ada 3 cabang yang dilombakan yaitu Nahwu fiqh dan Aqidah dan setiap cabang ada 3 tingkatan. Total semua 9 cabang tingkatan, Fiqh 3 nahwu 3 dan Aqidah 3.


Disampaikan koordinator Lomba MQK  KH M Naufal Irsyad LC juga pengasuh Pondok pesantren Darul Ulum asyariah, Perlombaan ini adalah ajang santri guna meningkatkan kapasitas Santri di bidang MQK.


"Alhamdulillah semua  Sudah sangat bagus, lebih bagus dari tahun kemren, peserta antusias dan semangat. Juri juga obyektif penilaiannya," ujarnya.


 
MQK ini Mengangkat Tema Hari santri Nasional HSN Jihad Santri Untuk Negri. Tema ini merupakan wujud upaya kontekstualisasi dengan eranya saat ini.


“Kitab kuning itu warisan karya para ulama dan diteruskan direproduksi ulama baru dengan pemaknaan baru sesuai konteks zaman,” tuturnya.


Kitab kuning memuat ajaran-ajaran tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di dalam bingkai perbedaan yang beragam. Hal ini mengingat ada sejumlah pendapat dalam kitab-kitab yang dikaji di pesantren.


“Kebetulan dalam kitab pesantren itu, orang pesantren gak akan kaget dengan perbedaan, karena dalam kitab sering ditemukan ada berbagai macam pendapat," pungkasnya. (Red-TN).


adsen4

iklan