Upacara HUT RI ke-78, Ketua DPRD Tebo Mazlan Membacakan Teks Proklamasi

Upacara HUT RI ke-78, Ketua DPRD Tebo Mazlan Membacakan Teks Proklamasi

Ketua DPRD Tebo Mazlan saat membacakan Teks Proklamasi, foto : Amirul 


TEBONETIZEN.COM, - Pembacaan teks naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilantunkan Ketua DPRD Tebo, Mazlan membangkitkan semangat merdeka masyarakat Tebo.

 

Suara lantang dan menggelegar Mazlan yang merupakan tokoh politik Tebo ini mampu menyentuh bulu roma para peserta upacara HUT RI ke 78, di Lapangan Garuda Muaratebo, Kamis 17 Agustus 2023. 

 

Pantauan tebonetizen.com, saat membacakan setiap bait kata dalam teks naskah proklamasi ini berhasil membius seluruh peserta upacara di Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung Kabupaten Tebo. 


Selama ini, di Tebo sendiri jarang ditemukan petugas pembacaan naskah proklamasi saat HUT RI ini dilakukan oleh Ketua DPRD.

 

"Luar biasa Ketua DPRD kito, dio langsung yang ambil bagian petugas upacara untuk bacokan teks proklamasi, keren, merinding kami dengarnyo," ujar Abror salah seorang peserta upacara. 

 

Diketahui, teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pertamakali dibacakan pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. 


Naskah proklamasi ink diketik oleh Sayuti Melik. Sedangkan penyusunan teks proklamasi dibuat oleh Ir. Soekarno, Ahmad Soebardjo, dan Mohammad Hatta.

 

Teks proklamasi ditandatangani di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, di Jalan Meiji Dori. 

 

Sekarang tempat itu menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat. (Red-TN).

Baca Juga:

Untuk Anda