Dugaan 1,6 Milyar digelapkan Kades, Masyarakat Pertanyakan Kasus Ke Inspektorat

Dugaan 1,6 Milyar digelapkan Kades, Masyarakat Pertanyakan Kasus Ke Inspektorat

Jupri Husnadi, Perwakilan Masyarakat Desa Pagar Puding

TEBONETIZEN.COM, - Adanya dugaan penyalahgunaan anggaran senilai Rp 1.6 Milyar dari dana ADD tahun anggaran 2018-2019 yang seharusnya di gunakan untuk kegiatan BLT BumDes, Insentif guru ngaji, Sejumlah perwakilan warga masyarakat Desa Pagar Puding Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo mendatangi Kantor Inspektorat Kabupaten Tebo pada Senin, (2/8/21) Kemarin.


Kepada media online Tebonetizen.com pada Selasa (3/8/21) salah satu perwakilan masyarakat Desa Pagar Puding, Jupri Husnadi mengatakan, kedatangan rombongan ini guna mempertanyakan perkembangan hasil temuan dari pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Tebo yang melibatkan Kepala Desa Pagar Puding, Azwan.


"Atas nama perwakilan masyarakat Desa Pagar Puding, kami sengaja mendatangi Kantor Inspektorat Kabupaten Tebo ini untuk mempertanyakan perkembangan laporan kami dan hasil temuan dari inspektorat terkait penyalahgunaan Dana Desa", cetus Jupri Husnadi


Keberadaan mereka, Kata Jupri, menanyakan berapa total jumlah honor untuk guru ngaji yang diduga digelapkan oleh Kades, Jupri mengakui jumlah nya kurang lebih Rp.118 Juta, kemudian kata Jupri, Insentif atau honor pegawai syarak yang dianggarkan dari ADD Tahun Anggaran 2018-2019 lebih kurang Rp 34.9 Juta.


Masih kata Jupri, ada lagi bantuan propinsi untuk pegawai syarak Tahun 2020 lebih kurang Rp.19.200.000, yang diduga di fiktifkan, belum lagi bantuan propinsi untuk guru ngaji sebesar Rp.7.300.000, yang seharusnya menjadi hak para pendidik ini diduga juga tidak dibayarkan


Tokoh Adat Desa Pagar Puding, Tarmizi, memohon kepada pihak yang berwenang kiranya agar dapat menindaklanjuti laporan serta temuan ini sesuai dengan hukum yang berlaku.


Pihak Inspektorat Kabupaten Tebo melalui sekretaris Inspektorat, Ridwan, M.Kes saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon pada Selasa, (3/8/21) membenarkan perihal kedatangan sejumlah perwakilan masyarakat Desa Pagar Puding pada Senin kemarin.


"Benar dindo, Senin kemarin beberapa orang datang ke kantor untuk mempertanyakan perkembangan hasil temuan tersebut, saat ini hasil laporan pemeriksaan inspektorat terhadap penggunaan dana Desa Pagar Puding dengan Total temuan keseluruhan tersebut sebanyak Rp 1.067.432.517, sudah kita limpahkan ke Polres Tebo guna pengembangan lebih lanjut", Jelas Ridwan. (Red-TN).

Baca Juga:

Untuk Anda