Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Segarnya Es Timun Serut Khas Aceh Untuk Berbuka Puasa

Admin
2 Mei 2020, 15:18 WIB

TEBONETIZEN.COM - Bingung memilih minuman untuk berbuka? Resep yang satu ini bisa dicoba. Dikutip dari laman ngopibareng.id Bahan yang digunakan mudah ditemui serta tidak membutuhkan biaya banyak. Selain itu, untuk membuatnya pun tidak memakan banyak waktu.

Menu yang bisa disajikan adalah es timun serut. Minuman asli Nangroe Aceh Darussalam ini dalam penyajiannya bisa dicampur dengan nata de coco plus biji selasih.

Jika di Aceh biasanya es timun dicampur dengan sirup khas Specie. Namun, sirup tersebut bisa digantikan dengan air gula atau sirup. Berikut cara membuatnya:


1. Siapkan alat dan bahan :

Alat dibutuhkan antara lain sendok atau penyerut, baskom atau wadah untuk es, serta sendok sayur. Sedangkan untuk bahan es dibutuhkan 2 mentimun, gula pasir, sirup, air putih, es batu, biji selasih, dan nata de coco.

2. Membuat air gula :

Cara membuat air gula yakni campur seperempat kilogram gula pasir (takarannya bisa sesuai selera) dengan 350 ml air. Aduk gula pasir secara merata dengan api kecil hingga warna berubah jadi kecoklatan. Jika sudah mendidih, diamkan terlebih dahulu. Jika anda tak ingin repot, bisa mengganti air gula ini dengan sirup siap saja yang biasa dijual di supermarket atau toko.

3. Buang biji mentimun :

Untuk membuat timun serut terlebih dulu buang biji mentimun terlebih dahulu. Lalu, serut menggunakan sendok, penyerut kelapa, atau serutan keju. Taruh timun serut di wadah atau baskom.

4. Campuran selasih dan nata de coco :

Jika ingin menambahkan nata de coco dan selasih sesuai selera, lalu rendam selama 5 menit dalam air hangat.

5. Es batu :

Es batu yang ingin dicampurkan ke timun serut bisa berupa batu es kristal atau serutan sesuai selera anda.

6. Campur semua bahan untuk penyajian :

Campur semua bahan mulai timun lalu biji selasih, dan nata de coco. Tambahkan air gula atau sirup plus air putih. Agar lebih segar, jangan lupa tambahkan es batu sesuai selera. Nah, es timun serut segar pun siap dihidangkan. Selamat mencoba. (Red-TN)

adsen4

iklan