Pasien Covid-19 di Tebo Nihil, Gugus Tugas Himbau Warga Jangan Panik

Pasien Covid-19 di Tebo Nihil, Gugus Tugas Himbau Warga Jangan Panik


TEBONETIZEN.COM - Setelah Resmi dibentuk dua hari yang lalu, Jum'at (20/3/2020) Gugus Tugas penanggulangan Covid 19 langsung aktif memantau dan mengantisipasi pencegahan virus corona di Kabupaten Tebo.

Wakil Bupati Tebo, Syahlan yang terpilih menjadi Ketua Gugus Tugas Covid 19 melaporkan saat ini Pasien Positif Corona tidak ada atau Nihil, namun sebanyak 70 Orang Dalam Pantauan (ODP), 1 Orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 1 Orang Pasien dalam Uji lab, Minggu (22/3/2020).

PDP yang sebelumnya ada 2 orang menjadi 1 orang karena 1 orang PDP yang di observasi di RSUD STS telah keluar dan menjadi ODP

Disampaikan oleh juru bicara gugus tugas yakni Kadis Kominfo Tebo Himawan Susanto melalui Kabid IKP Syahrulrozi bahwa trend peningkatan ODP adalah kesadaran masyarakat yang sudah memeriksa kesehatannya kepada petugas kesehatan setelah mereka bepergian dari luar daerah yang terjangkit Covid-19. Ataupun tidak bepergian tapi kontak dengan orang yang baru bepergian dari daerah terjangkit Covid-19.

Kemudian orang tersebut memiliki gejala demam atau batuk pilek dan sesak napas. Jika tidak ada keluhan tersebut maka di anggap skrining "kata Kabid IKP.

Lanjut Kabid IKP, dengan adanya kesadaran masyarakat memeriksa kesehatannya setelah bepergian ke luar daerah yang terjangkit Covid-19 termasuk melakukan kontak dengan orang yang bepergian ke daerah terjangkit meski tidak bepergian dengan gejala yang di sebutkan di atas sehingga ODP meningkat. 

Kepada warga yang melakukan cek kesehatan (ODP) akan selalu dipantau kesehatannya selama 14 hari. 

Pemerintah Kabupaten Tebo menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dengan meningkatnya jumlah ODP. 

Selain itu, Pemkab Tebo mengapresiasi kepada warga yang berinisiatif memeriksa kesehatannya setelah bepergian termasuk kontak dengan orang yang di duga terjangkit Covid-19 meski tidak bepergian, tutupnya. (Red-TN)

Baca Juga:

Untuk Anda