-->

Soal Pengusiran Wartawan, Ini Klarifikasi Ketua Pengadilan Negeri Tebo


TEBONETIZEN.COM - Terkait  pemberitaan menyangkut Ketua Pengadilan Negeri Tebo mengusir Wartawan dua hari yang lalu, puluhan wartawan Kabupaten Tebo mendatangi Kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Tebo untuk mengkonfirmasi, dan diterima Ketua Pengadilan Negeri Tebo, Armansyah Siregar ,SH, MH Rabu (6/2/2020).

Kedatangan Puluhan Wartawan disambut baik oleh Pihak Pengadilan Negeri Tebo, dalam pertemuan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Tebo di dampingi Humas PN menyampaikan permintaan maaf atas insiden pengusiran kepada Reporter Bungo TV yang terjadi Senin (03/02/2020) saat berlangsungnya sidang pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kepada Anggota DPRD Tebo Jumawarzih, SH atas Ijazah Palsu.

Armansyah mengakui terjadinya miss communication, dirinya meminta kepada rekan-rekan wartawan untuk dapat melalukan komunikasi dengan pihak humas Pengadilan Negeri Tebo dalam hal peliputan, seperti media TV misalnya untuk melakukan liputan secara langsung agar komunikasi sehari sebelum jadwal persidangan. 

Selanjutnya Pihak Humas PN Tebo, Andri Lesmana, SH, MH. menyampaikan  “Ini Masalah koordinasi saja, kalau semua sudah dikomunikasi dari awal, saya pikir pasti tidak ada larangan-larangan seperti itu, cuma disini teman-teman pers juga harus tahu azas dalam hukum perdata atau pidana, ketika pembuktian, itu sebenarnya tidak boleh diliput, karena terkait keterangan saksi”ujarnya.

Ditambaahkannya lagi “untuk pembacaan dakwaan, tuntutan, vonis, saya pikir tidak ada masalah diliput dari awal sampai keputusan, khusus untuk pembuktian saksi itu tidak boleh diliput, dalam arti dibuat video khusus untuk media TV, contoh kasusnya seperti sidang ahok, sidang tertutup ketika pembuktian melalui saksi” jelasnya.

Pihak wartawan dalam pertemuan juga meminta agar dibuatkan grup whatsapp (WA) untuk penyampaian informasi terkait agenda sidang terbuka atau tertutup, sehingga kedepan terjalin komunikasi yang baik.


Hal itu disambut baik oleh pihak PN Tebo, semua wartawan yang hadir di absen dan diminta untuk meninggalkan No HP/WA, Ketua PN Tebo Armansyah juga berencana akan mengadakan coffe morning bersama rekan media, mengingat dirinya baru bertugas selama 6 bulan di Kabupaten Tebo, kemudian pertemuan diakhiri dengan foto bersama. (Red-TN)
bm
TeboNetizen

tebonetizen.com Kami Kabarkan Untuk Anda Ketahui.