Iklan

iklan

Iklan

iklan
,

Iklan

iklan

Jaksa Agung RI Sampaikan HUT Jambi Ke-65, Jambi Pulih, Jambi Mantap

Admin
6 Jan 2022, 15:07 WIB
Burhanuddin Jaksa Agung RI saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna HUT Provinsi Jambi Ke-65. Foto: Ist

TEBONETIZEN.COM, - Jaksa Agung RI Burhanuddin dalam kunjungan kerjanya di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jambi sempat menghadiri serta memberikan sambutan pada Acara Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke-65 bertempat di Aula DPRD Provinsi Jambi. Kamis (6/1/22).


Mendampingi Bapak Jaksa Agung Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke-65 Provinsi Jambi yaitu Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Dr. Fadil Zumhana, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dr. Febrie Adriansyah, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi Sapta Subrata SH., Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara Sarjono Turin, Kepala Pusat Penerangan Hukum Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Asisten Umum Jaksa Agung Kuntadi, Asisten Khusus Jaksa Agung Hendro Dewanto.


Kehadiran Jaksa Agung beserta Kepala Kejaksaan Tinggi pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi atas undangan Gubernur Jambi kepada tokoh masyarakat yang pernah bertugas maupun penduduk Jambi yang telah berhasil.


Mengawali sambutannya, Jaksa Agung menyampaikan pada awal tahun yang penuh semangat ini, Provinsi Jambi telah menginjak usia yang ke-65 tahun.


Berkenaan dengan itu, maka pada kesempatan yang penuh suka cita dan menggembirakan ini, Jaksa Agung mengucapkan Dirgahayu Provinsi Jambi, semoga Provinsi Jambi menjadi provinsi yang Lebih Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, dan Profesional.


Menapaki usia yang ke-65 ini, Jaksa Agung mengatakan tentunya Provinsi Jambi telah mengalami banyak perubahan, pembangunan, dan juga telah melalui berbagai macam tantangan pembangunan, sehingga kini Provisi Jambi dapat menorehkan berbagai macam prestasi yang membanggakan dalam tingkat nasional, diantaranya


Capaian Provinsi Jambi menjadi daerah yang paling bahagia di Sumatera dan peringkat 4 (empat) secara nasional dengan indeks nilai 75,17 (tujuh puluh lima koma tujuh belas) poin.


Nilai ini diatas rata rata indeks kebahagiaan nasional dengan indeks nilai 71,49 (tujuh puluh satu koma empat puluh sembilan) poin.


Hal ini menunjukkan terjaganya keamanan, ketertiban, dan kenyamanan tinggal di Jambi, karena kebahagiaan tidak bisa dibeli dan diukur dengan materi, semuanya berasal dari hati maka masyarakat Jambi memiliki kebersamaan dalam ikatan tali silahturahmi yang sangat kuat.


Saya berharap capain dan prestasi yang telah diraih ini dapat dipertahankan dan terus dikembangkan, sehingga kesejahteraan masyarakat Jambi terus meningkat, yang pada akhirnya Provinsi Jambi menjadi salah satu rujukan provinsi lain dalam pengelolaan pemerintahan daerah.


Kemudian pada Triwulan III tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi menduduki urutan kedua di Sumatera yaitu sebesar 5,91% (lima koma sembilan puluh satu persen).


Hal tersebut menjadi modal dasar untuk Memantapkan Tata Kelola Pemerintah, Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, serta Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia.


Gubernur Provinsi Jambi, Bapak Al Haris juga menerima penghargaan People of The Year 2021 dari Metro TV dengan kategori Best Governor For Healthcare dan Action Againts Pandemi.


Di masa pandemi ini, Bapak Gubernur dinilai mampu menanggulangi pandemi Covid-19 dengan baik dan menekan angka kasus Covid-19 di Provinsi Jambi.

Selanjutnya Jaksa Agung menyampaikan apresiasi kepada segenap elemen pemerintah daerah dan masyarakat Jambi, atas beberapa keberhasilan yang telah diraih.


Capaian ini harus menjadi motivasi untuk bekerja lebih keras, serta menjadi spirit untuk menghadapi tantangan kedepan yang lebih dinamis dan kompleks.


Jaksa Agung menyampaikan sumber daya alam yang dimiliki Provinsi Jambi sangat melimpah dan letak wilayah yang cukup strategis karena berada di segitiga pertumbuhan wilayah Indonesia, Malaysia, dan Singapura, serta beragam potensi lainnya yang dimiliki menjadi berkah tersendiri bagi Provinsi Jambi.


Mendasarkan hal sedemikian, maka tidaklah berlebihan apabila pada saat ini Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan berbagai pembangunan di semua lini secara gencar, masif, dan menyeluruh, seperti halnya:


Pembangunan Pelabuhan di Ujung Jabung, Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang melintasi wilayah Provinsi Jambi, Pembangunan Kawasan Ekonomi Industri Kemingking di Kabupaten Muaro Jambi, maupun Pembangunan Listrik Tenaga Air di Kabupaten Merangin.


“Berbagai pembangunan tersebut tentu membawa begitu banyak asa dan harapan bagi segenap masyarakat Jambi, karena diyakini akan mampu menjadi salah satu motor penggerak perekonomian, membuka sejumlah lapangan kerja baru, meningkatkan geliat produktivitas dan daya saing, mempercepat lalu lintas transportasi barang dan jasa, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia,” ujar Jaksa Agung.


Di samping itu, di tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19 yang telah memukul roda perekonomian, Provinsi Jambi melakukan gebrakan dengan mengeluarkan regulasi yang dapat mendukung pemulihan ekonomi dan terciptanya ekosistem inovasi, yaitu Peraturan Daerah Provinsi Jambi Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Inovasi di Daerah.


Hadirnya peraturan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mendorong masyarakat untuk terus mengembangkan berbagai macam inovasinya sehingga mampu meningkatkan daya saing daerah.


Dengan adanya berbagai macam terobosan inovasi ini, tentunya akan dapat meningkatakan pendapatan masyarakat dan pulihnya roda perekonomian, yang kesemuanya itu berujung pada kesejahteraan masyarakat.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Jaksa Agung menyampaikan pepatah kearifan lokal bagi kita semua melalui Seloko Adat Jambi.


“Rumah sudah, pahat idak berbunyi

Api padam puntung tidak berasap 

Yang terjatuh biarlah tinggal 

Yang terpijak biarlah luluh”


Adapun makna petuah tersebut adalah dalam menetapkan keputusan yang berat atau rumit, harus dikuatkan dengan janji setia menurut kenyataan hukum guna menata kehidupan masyarakat yang taat kepada hukum.


Jaksa Agung atas nama pribadi dan pimpinan institusi Kejaksaan mengucapkan: “SELAMAT HARI JADI KE-65, JAMBI PULIH, JAMBI MANTAP!”


Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke-65 diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan swab antigen. (Red-TN).

adsen4

iklan