-->

Polemik Tambang Batu Bara di Muara Kilis, Sukandar: Serahkan ke Masyarakat

Bupati Tebo: Dr. H. Sukandar, S.Kom, M.Si

TEBONETIZEN.COM, - Terkait dengan polemik tambang batu bara di Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, Bupati Tebo Sukandar menyesalkan, Pemilik Konsesi Pertambangan (KP), tidak permisi dengan Pemerintah Daerah.


Dijelaskannya, Permasalahan ini ada karena rencana pembangunan tambang batubara, di kawasan lahan masyarakat. Benturan inilah yang muncul kepermukaan, karena ada yang dianggap tidak relevan oleh masyarakat.


"Karena lokasinya di Tebo saya minta pemilik KP jangan asal masuk", kata Sukandar, Senin (22/3/2021).


Diakuinya, izin Pertambangan memang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov), Namun seharusnya pemegang izin KP permisi kepada Pemerintah Daerah (Pemda).


"Karena belum ada koordinasi dengan pemda. Mereka masuk harusnya lapor," jelasnya.


Untuk itu, Sukandar mengatakan menyerah sepenuhnya kepada masyarakat. Pasalnya memang tidak ada pemberitahuan dari pemegang izin KP. 


Dengan kejadian ini, Sukandar menyatakan tidak akan mendatangi lokasi tambang,menurutnya jangan setelah ada masalah baru berkomunikasi dengan Pemda.


"Intinya saya serahkan ke masyarakat, Karena berada dilahan yang sudah lebih dulu ditinggali masyarakat, mereka bercocok tanam disana", jelasnya.


Dia menyesalkan, Ada permasalahan kegiatan tambang dengan masyarakat diwilayah nya dari pihak kepolisian. Menurutnya sebelum melakukan kegiatan tambang, paling tidak permisi dengan Pemerintah Daerah.


"Saya sudah dapat surat dari Kapolres, dan saya sudah perintahkan Wabup untuk memanggil semua pihak untuk membuat gurp diskusi," ungkapnya.


Sukandar, menyesalkan, pasalnya ada laporan kegiatan tambang setelah adanya penolakan dari masyarakat. Jika sebelumnya ada laporan, maka akan ada cara dalam sosialisasi kepada masyarakat.


"Mereka harus silaturahmi dulu dengan kita," pungkasnya. (Red-TN).

bm
www.tebonetizen.com

Kami Kabarkan Untuk Anda